Makalah Kewirausahaan Kehutanan (2)

makalah

Latar Belakang

Dalam membentuk suatu usaha, pertama kali harus tahu pengertian kewirausahaan. Kewirausahaan adalah suatu kemampuan seseorang dalam mengomptimalkan segala sumber daya yang tersedia, baik itu berupa material, waktu, SDM, dan kreatifitasnya dalam mengolah suatu produk atau usaha yang berguna bagi dirinya dan juga orang lain. Dalam kewirausahaan ini terdapat beberapa pengetahuan yang dibutuhkan untuk membentuk suatu usaha, salah satunya adalah manajemen atau mengelola keuangan.

Mengelola keuangan dalam membentuk suatu usaha merupakan salah satu kunci utama dalam kegiatan operasional usaha dan tidak terlepaskan dari kegiatan yang berhubungan dengan keuangan yang diperlukan usaha itu sendiri. Manajemen keuangan ini membicarakan tentang teori keuangan yang pada dasarnya dapat dilakukan oleh kelompok maupun individu.

Teori keuangan menjelaskan mengapa sautu fenomena dibidang keuangan bila terjadi, dan mengapa keputusan keuangan perlu diambil dalam menghadapi persoalan keuangan. Manajemen sendiri sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien.

Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah bagaimana cara mengelola keuangan dalam suatu usaha?

Tujuan Makalah

Adapun tujuan makalah ini adalah untuk memahami dan mengetahui cara mengelola keuangan dalam suatu usaha.

Deskripsi Usaha Keripik Talas Lokal Go Internet

Profil Usaha

Talassa adalah perusahaan rumahan atau home industri yang memproduksi, mendistribusikan, dan menawarkan produk berupa kripik talas. Pemilik usaha ini adalah Abdus Solihin dengan karyawan 5 orang yang produknya kripik talas. Usaha ini termasuk jenis home industri makanan ringan dengan harga Rp.2500,00/ ons/ bungkus.

Usaha ini mempunyai visi, yaitu menjadi perusahaan penghasil kripik talas yang bermutu secara kualitatif dan kuantitatif, mandiri, menguasai dan mencapai target pasar, dan dikenal secara luas oleh masyarakat.

Sejarah Usaha

Home industri talassa didirikan oleh Abdus Solihin, seseorang mahasiswa sebuah perguruan tinggi negeri di Jawa Timur pada tanggal 7 agustus 2008. Berawal dari keisengan untuk berinventasi dan coba-coba, Abdus yang saat itu mendapatkan beasiswa PPA merekrut beberapa tetangga dan teman-temanya yang tidak bisa melanjutkan pendidikan lebih lanjut untuk bekerja sama. Dari modal beasiswa dan kenalan inilah usaha home industri talassa berhasil didirikan.

Pada awal berdiri, talassa memiliki dua orang karyawan, yaitu Dewi dan Slamet, dua orang yang pada awalnya belum memiliki pekerjaan. Abdus sebagai pemilik modal tidak menerapkan sistem bagi hasil disini, akan tetapi sistem gaji dengan kepercayaan penuh pada Dewi yang ditunjuk sebagai bendahara sekaligus sekretaris perusahaan. Sedangkan Slamet sebagai sales dan distributor.

Dengan keyakinan dan usaha memaksimalkan metode metode pemasaran, Talassa yang pada awalnya hanya mempunyai dua orang karyawan, sekarang telah memiliki lima karyawan hanya dalam jangka waktu empat bulan dan dapat menghasilkan keuntungan bersih dengan range keuntungan Rp.195.000,00-2.970.000,00 per bulan.

Silahkan download file makalahnya di bawah ini,

Download full-text PDF

Sekian artikel yang membahas tentang artikel makalah kewirausahaan (2), semoga bermanfaat bagi para pembaca.

"Salam Lestari"

Author : Lamboris_Pane
Editor : panehutan

0 Response to "Makalah Kewirausahaan Kehutanan (2)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel