Tipe dan Formasi Hutan di Indonesia (Makalah Ekologi Hutan)

Tipe

Latar Belakang

Hutan menurut Undang-Undang tentang Kehutanan Nomor 41 tahun 1999 adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Ekosistem hutan adalah sangat kompleks, pohon-pohon dan tanaman hijau lainnya membutuhkan sinar matahari untuk memproses makanan yang diambil dari udara, air dan mineral dari dalam tanah. Tanaman memberi makan pada beberapa binatang tertentu. Binatang pemakan tumbuhan ini dimakan oleh binatang pemangsa daging. Tanaman dan binatang yang mati diurai oleh bakteri dan organisme lainnya seperti protosoa dan jamur. Proses ini mengembalikan mineral ke dalam tanah, yang dapat digunakan lagi oleh tumbuhan untuk berfotosintesis.

Penyebaran ekosistem hutan bawah meliputi pulau-pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara, Irian, Sulawesi dan beberapa pulau Maluku. Di hutan bawah banyak terdapat spesies pohon anggota famili Dipterocarpaceae terutama anggota genus Shorea, Dipterocarpus, Hopea, Vatiea, Dryobalanops, dan Cotlylelobium. Dengan demikian hutan bawah disebut juga hutan Dipterocaps.

Penyebaran ekositem hutan tengah meliputi pulau Jawa Tengah, Jawa Timur,Sulawesi, sebagian daerah Indonesia Timur, Aceh, dan Sumatera Utara. Secara umum hutan tengah didominasi oleh genus QuercusI, Castanopsis, Nothofagus, dan spesies  pohon anggota famili Magnoliaceae.

Penyebaran ekosistem hutan atas hanya di Irian Jaya dan di sebagian daerah Indonesia Barat. Tipe hutan atas pada umumnya berupa kelompok hujan yang terpisah-pisah oleh padang rumput dan belukar. Pada hutan atas ini yang didominasi oleh spesies pohon Conifer (pohon berdaun jarum), genus Dacrydium, Libecedrus, Phylloclactus, dan Podacarpus. Di samping itu, terdapat juga spesies pohon Eugenia spp. dan Calophyllum.

Dalam mata kuliah ekologi hutan ada yang membahas materi mengenai ekosistem hutan, ekosistem hutan adalah hubungan timbal balik antara mahluk hidup di hutan dengan lingkungan hutan tersebut. Ekosistem hutan ini dapat dipengaruhi oleh suatu tempat tumbuh, perilaku manusia dan bencana alam.

Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam makalah Ekologi Hutan ini adalah bagaimana hubungan ekosistem hutan terhadap tipe dan formasi hutan di Indonesia?

Tujuan Makalah

Adapun Tujuan dari makalah Ekologi Hutan ini adalah untuk mengetahui dan memahami hubungan ekosistem hutan terhadap tipe dan formasi hutan di Indonesia.

Silahkan download full makalahnya di bawah ini,

Download full text PDF

Sekian artikel yang membahas tentang tipe dan formasi hutan di Indonesia, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

"Salam Lestari"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel