Pemetaan Lokasi (Laporan IUTP) Menggunakan Software (Avenza Map, DNR Garmin, Garmin Base Camp dan ArcGis)

pemetaan

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas beberapa laopran IUTP, diantaranya Pemetaan Wilayah Menggunakan Drone (Laporan Praktek IUTP) dan Perhitungan dan Penggunaan Proyeksi Peta (Laporan Praktek IUTP).

Pada kesempatan ini, kita akan lanjut untuk mempelajari laporan IUTP yang membahas tentang 4 software yaitu Avenza Map, DNR Garmin, Garmin Base Camp, dan ArGis.

(Catatan : IUTP (Ilmu Ukur Tanah dan Pemetaan)

Latar Belakang

Ilmu ukur tanah merupakan bagian rendah dari ilmu yang lebih luas yang dinamakan ilmu geodesi. Pengukuran dan pemetaan pada dasarnya dapat dibagi 2, yaitu, Geodetic surveying dan plan surveying. Geodetic serveying adalah suatu pengukuran untuk menggambarkan permukaan bumi pada bidang melengkung/elipsoida/bola.

Sedangkan plan surveying adalah ilmu seni dan teknologi untuk menyajikan bentuk permukaan bumi baik unsur alam maupun buatan manusia pada bidang yang dianggap datar (Muda, 2008).

Bentuk bumi merupakan pusat kajian dan perhatian dalam ilmu ukur tanah. Proses penggambaran permukaan bumi secara fisiknya addalah erupa bola yang tidak beraturan bentuknya dan mendekati bentuk sebuah jeruk (Muda, 2008). Hal tersebut terbukti informasi tentang bentuk bumi, mengalami kesulitan karena bentuknya yang tidak beraturan ini, oleh sebab itu dicari bentuk informasi sistematis yang dapat mendekati bentuk bumi.

Lokasi di pusat komputer Universitas Palangka Raya adalah lokasi praktek yang dapat dipetakan lokasinya menggunakan berbagai sofware yang dibutuhkan. Laporan ini akan membahas tentang pemetaan lokasi tersebut menggunakan 4 sofware yang telah ditentukan.

Tujuan Praktek

Tujuan praktek mata kuliah Ilmu Ukur Tanah dan Pemetaan adalah untuk memahami dan mengetahui cara pembuatan peta di lokasi Pusat Komputer Universitas Palangka Raya melalui software Avenza Map, Basecamp, DNR GPS, dan ArcGIS.

Penutup

Setelah kita sudah paham pada bagian atas tersebut, silahkan download laporannya dibawah ini.

Download full-text PDF

Sekian artikel yang membahas tentang pemetaan lokasi mengunakan software (Avenza Map, DNR Garmin, Garmin Base Camp dan ArcGis) (laporan IUTP), semoga bermanfaat bagi para pembaca.

"Salam Lestari"

Sumber :

Ginanto, N. 2017. Proses Geotagging. https:// novikaginanto. wordpress.com /2013/03/20/proses-geotagging/ (diakses pada tanggal 08 Juli 2019).

Kurniawan, dkk,. 2017. Pemetaan Berbasis Android Menggunakan Avenza Map. https://rosegislabs.com/2017/06/08/pemetaan-berbasis-android-menggunakan-avenza-map/ (diakses pada tanggal 08 Juli 2019).

Muda, I. 2008. Teknik Survei dan Pemetaan. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta.

Rifa'i, M.F. 2012. Pengertian Digitasi. https:// gisindonesiablog. wordpress. com/2012/10/25/digitasi/ (diakses pada tanggal 08 Juli 2019).

Septiana, E. 2018. Georeferencing Raster di ArcGIS. http://www.info-geospasial.com/2015/07/georeferencing-image- in- arcgis.html (diakses pada tanggal 08 Juli 2019).

Author : Lamboris_Pane
Editor : panehutan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel