Tumbuhan Penghasil Dragon's Bold

I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Dalam mata kuliah Hasil Hutan Bukan Kayu ada membahas mengenai penghasil ekstrak. Penghasil ekstrak ini salah satunya adalah jerenang. Jerenang ini adalah resin berwarna merah yang berasal dari genus Dracaena, Daemonops, Croton, dan Pterocarpus. Jerenang ini diperdangangkan dan dimaafkan sebagai bahan pewarna, bahan obat tradisional, dan dupa (pewangi). Disetiap daerah nama jerenang ini berbeda-beda diantaranya jeranang, jernang, jerenang, jeronang, dan lain-lain.
Jerenang (Dragon's Bold) merupakan resin beku yang keras dan padat, merah, dengan struktur amorf (tidak teratur), larut dalam alkohol, minyak lemak dan minyak esensial. Komponen kimia utama jerenang adalah resin ester dan dracosinotannol.

1.2. Tujuan
Adapun tujuan dari tugas mata kuliah HHBK ini adalah untuk mengetahui dan memahami gambaran umum, proses pengambilan, dan keguanaan jerenang.
II. TUMBUHAN PENGHASIL DRAGON'S BOLD

2.1. Gambaran Umum
2.1.1. Dracaena croton
Dracaena croton adalah famili dari Dracaenaceae. Tumbuhan ini berasal dari Kamerun, yang ciri-cirinya tumbuh dalam semak dengan batang ramping dan lentur, dengan daun yang memanjang. Di Indonesia tumbuhan ini dapat dibudidayakan dengan cara stek.

2.1.2. Pterocarpus
Pterocarpus merupakan famili dari Fabaceae. Pterocarpus menghasilkan kayu yang diperdagangkan sebagai padauk (mukwa atau narra). Padauks dinilai untuk ketangguhan satbilitas dalam penggunaan dan dekorasi. Sebagia besar kayu Pterocarpus mengandung zat yang larut dalam air atau alkohol dan dapat digunakan sebagai pewarna. Padauk yang sering ditemukan terdapat diwilayah Afrika.

2.1.3. Dracaena cochincinensis (Lour) S.c
Dracaena cochincinensis (Lour) S.c adalah tanaman yang mirip seperti pohon yang mempunyai ukuran tumbuh 5-15 meter yang familinya dari Asparagaceaae. Dracaena cochincinensis (Lour) S.c dapat menghasilkan resin yang berfungsi sebagai obat. Habitat tumbuhan ini dapat ditemukan di wilayah Vietnam,Laos, Thailand, Kamboja, dan Cina bagian selatan.

2.1.4. Dracaena cambodiana pierre ex Gagnep
Dracaena cambodiana pierre ex Gagnep adalah tanaman yang berukuran dengan tinggi mencapai 4 meter yang berasal dari famili Asparagaceaae. Tumbuhan ini mempunyai bunga berwarna hijau kekuning-kuningan. Habitat tumbuhan ini dapat ditemukan di wilayah negara Cina.

2.2. Proses Pengambilan Dragon's Bold
2.2.1. Dracaena croton
Untuk mengambil dragon's bold Dracaena croton ini menggunakan teknik ekstraksi slinder. Dalam teknik ekstraksi slinder ini buah Dracaena croton dimasukkan dalam wadah berbentuk slinder yang telah berisi air, selanjutnya slinder tersebut diputar hingga rsein larut sempurna dengan air. Kemudian disaraing dan hasil saringan itu ditempatkan pada wadah agar resin dapat mengendap. Endapan resin dipisahkan dari air dan dijemur. Rendemen resin yang dihasilkan sebesar 12%.

2.2.2. Pterocarpus
Untuk mengambil Dragon'bold Pterocarpus ini menggunakan teknik ekstraksi kering dan ekstraksi pelarut. Dalam ekstaksi kering ini buah Pterocarpus ditumbuk dalam keadaaan segar kemudian disaring yang mengasilkan rendemen resin sebesar 7-8% (Waluyo Totok K, 2015). Sedangkan dalam ekstraksi pelarut ini buah Pterocarpus dilarut dengan etil asetat sehingga menghasilkan rendemen yang lebih besar.

2.2.3. Dracaena cochincinensis (Lour) S.c
Untuk mengambil dragon's bold Dracaena cochincinensis (Lour) S.c menggunakan teknik ekstraksi basah. Dalam teknik ekstraksi basah ini buah Dracaena cochincinensis (Lour) S.c dijemur hingga kering, untuk memudahkan memisahkan kulit dan biji Dracaena cochincinensis (Lour) S.c. Kulit buah ini dimasukkan dalam wadah yang berisi air dan diaduk atau diremas-remas hingga resin larut dalam air. Selanjutnya, air disaring di dalam wadah yang ditempatkan kemudian diendapkan dalam beberapa menit. Hasilnya adalah rendemen sebesar 12%.

2.2.4. Dracaena cambodiana pierre ex Gagnep
Untuk mengambil daragon's bold Dracaena cambodiana pierre ex Gagnep mennggunakan teknik ekstraksi basah. Dalam ekstraksi basah ini buah Dracaena cambodiana pierre ex Gagnep dijemur hingga kering. Kulit buah ini dimasukkan dalam wadah yang berisi air dan diaduk atau diremas-remas hingga resin larut dalam air. Selanjutnya, air disaring di dalam wadah yang ditempatkan kemudian diendapkan dalam beberapa menit. Hasilnya adalah rendemen sebesar 12%.

2.3. Kegunaan
2.3.1. Dracaena croton
Dracaena croton digunakan sebagai resin pewarna dan pewangi. Resin ini dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan lain sebagainya.

2.3.2. Pterocarpus
Pterocarpus digunakan sebagai resin pewarna. Resin pewarna dari tumbuhan ini dapat digunakan sebagai bahan baku cat dan lain sebagainya.

2.3.3. Dracaena cochincinensis (Lour) S.c
Dracaena cochincinensis (Lour) S.c digunakan sebagai resin obat. Resin obat dari tumbuhan ini digunakan oleh masayarakat sebagai obat tradisional.

2.3.4. Dracaena cambodiana pierre ex Gagnep
Dracaena cambodiana pierre ex Gagnep digunakan sebagai resin pewarna. Resin pewarna dari tumbuhan ini dapat digunakan sebagai bahan baku tinta dan lain sebagainya.

0 Response to "Tumbuhan Penghasil Dragon's Bold"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel