Memprediksi Erosi dengan Model USLE (Laporan Praktikum KTA)

Memprediksi

Latar Belakang

Tanah merupakan salah satu sumber daya alam yang telah mengalami tekanan seiring dengan peningkatan jumlah manusia. Tekanan tersebut telah menyebabkan penurunan mutu tanah yang mampu mengurangi kemampuan tanah untuk berproduksi.

Penurunan mutu tanah ini disebabkan oleh proses pencucian hara dan proses erosi tanah yang mengutamakan di lahan-lahan yang tidak memliki penutupan vegetasi. Sehingga erosi dapat diartikan sebagai peristiwa hilangnya lapisan tanah atau bagian-bagian tanah di permukaan.

Erosi mampu menimbulkan kerusakan baik pada tanah tempat terjadi erosi maupun pada tempat tujan akhir tanah yang terangkut diendapkan. Tanah tempat erosi yang rusak mengalami penurunan sifat-sifat kimia dan fisik tanah yang pada akhirnya menyebabkan memburuknya pertumbuhan tanaman dan rendahnya produktivitas.

Dan tempat tujuan akhir tanah tang terangkut diendapkan menyebabkan pendangkalan sungai, waduk dan saluran irigasi. Akibat adanya peningkatan jumlah air di permukaan dan mendangkalnya sungai menyebabkan tingginya terjadinya banjir (Murdis, 1999).

Terjadinya erosi di suatu tempat dapat diprediksi melalui berbagai model erosi yang dapat dipakai, salah satunya model Universal Soil Loss Eqation (USLE). Prediksi erosi ini merupakan suatu metode yang bertujuan untuk memperkirakan atau menduga laju erosi yang terjadi dari tempat yang dipergunakan bagi usaha pertanian tertentu dan sebagainya.

Persamaan model USLE merupakan salah satu model pendugaan erosi yang digunakan untuk menghitung besarnya erosi yang terjadi dalam jangka panjang pada suatu daerah. Model USLE mempunyai kelebihan, yaitu proses pengolahan datanya yang sederhana yang memudahkan menghitung secara manual maupun menggunakan alat bantu program komputer (Indrawanti, 2000).

Berdasarkan kelebihan model USLE ini, perlu dilakukan praktikum dalam membuktikan mampu memprediksi erosi dan menghitung Indeks Bahaya Erosi (IBE), sehingga mampu mencegah kerusakan suatu lahan akibat erosi dapat dihindari sedini mungkin dengan teknik-teknik konservasi lahan maupun teknik konservasi tanah dan air.

Tujuan Praktik

Tujuan praktikum konservasi tanah dan air ini adalah untuk mengetahui dan mampu memprekdiksi erosi dengan menggunakan persamaan USLE termasuk mampu melakukan perhitungan Indeks Bahaya Erosi (IBE).

Untuk laporan praktikumnya bisa di download dibawah ini,

Download full-text PDF

Sekian artikel tentang Memprediksi Erosi dengan Model USLE (Laporan KTA), semoga bermanfaat bagi para pembaca,

"Salam Lestari"

0 Response to "Memprediksi Erosi dengan Model USLE (Laporan Praktikum KTA)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel