Menghitung Faktor Erodibilitas Tanah (Laporan Praktikum KTA)

Menghitung

Latar Belakang

Konservasi tanah dan air merupakan dua hal yang berkaitan erat sekali, berbagai tindakan konservasi tanah merupakan tindakan konservasi air. Dalam konservasi tanah dan air ini memiliki persoalan tentang kompleks dan memerlukan kerjasama yang erat antara berbagai disiplin ilmu pengetahuan yaitu ilmu tanah, klimatologi, hidrologi dan teknik konservasi tanah. Kegiatan konservasi tanah dan air bermanfaat dalam mencegah terjadinya banjir dan kekurangan air dan mempertahankan kestabilan ekosistem.

Dalam kegiatan konservasi tanah dan air bertujuan untuk menutup tanah dengan tumbuhan atau sisa-sisa tumbuhan agar terlindung dari perusak butir-butir hujan yang jatuh dan memperbaiki tanah agar resisten terhadap daya penghancur agregat oleh aliran permukaan dan lebih besar dayanya untuk menyerap air di permukaan tanah.

Peristiwa erosi yang didahului oleh pelapukan disebut awal pembentukan tanah yang berlanjut ke perkembangan tanah. Pembentukan tanah merupakan bagian integral dari proses geomorfologi dimana bentuk lahan dan tanah merupakan dua macam sumberdaya alam yang satu sama lain saling terkait dalam tanah. Yang kemudian akan mempengaruhi perubahan sifat-sifat erodibilitas tanah.

Semakin tinggi erodibilitas tanah semakin banyak tanah yang tererosi hal ini pada ini akan mempengaruhi terhadap perkembangan bentuk lahan. Dengan demikian erodibilitas tanah sebagai salah satu bagain dari faktor penyebab erosi juga memiliki kontribusi dalam perkembangan juga memiliki kontribusi dalam perkembangan bentuk lahan.

Dalam laporan konservasi tanah dan air ini akan membahas erodibilitas tanah mengunakan rumus sistematis atau nomograf yang berlaku pada erodibilitas tanah. Erodibilitas tanah yang menggunakan rumus sistematis merupakan suatu cara untuk memperoleh nilai erodibilitas tanah dari data faktor erodibilitas tanah. Sedangkan erodibilitas tanah menggunakan nomograf merupakan cara menentukan nilai erodibilitas tanah melalui gambar nomograf.

Tujuan Praktik

Adapun tujuan praktik Konservasi Tanah dan Air ini adalah untuk memahami dan mampu menghitung erodibilitas dengan persamaan matematis dari suatu contoh data primer atau data sekunder (data yang tersedia).

Sekian artikel tentang Menghitung Faktor Erodibilitas Tanah (Laporan KTA), semoga bermanfaat bagi para pembaca.

"Salam Lestari"

Silahkan download laporan praktikumnya dibawah ini,

Download full-text PDF

0 Response to "Menghitung Faktor Erodibilitas Tanah (Laporan Praktikum KTA)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel