Kelurahan Kalampangan | Keadaan Umum Lokasi

Kelurahan Kalampangan | Keadaan Umum Lokasi

Kelurahan Kalampangan adalah salah satu Kelurahan yang  terdapat pada Kecamatan Sebangau dan berada dalam wilayah Kota Palangka Raya. kelurahan Kalampangan terletak di sebelah barat Kota Palangka Raya dengan jarak kurang lebih 18 km dari Kota Palangka Raya yang dapat di tempuh dengan jalan darat. Luas wilayah Kelurahan Kalampangan adalah 46,25 km kuadrat (5.000 Ha) yang meliputi wilayah pemukiman 420 Ha, perkebunan 1.000 Ha, pekarangan 3.544 Ha, perkantoran 20 Ha dan prasarana lainnya 16 Ha.

Secara geografis Kelurahan Kalampangan terletak diantara  113º 58’20 - 144º03’50 Bujur Timur dan 2º 16’00 - 2º19’20” Lintang Selatan. Batas-batas daerah Kelurahan Kalampangan adalah sebagai berikut:

  1. Sebelah Timur : Berbatasan dengan Kabupaten Pulang Pisau
  2. Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Kelurahan Sabaru
  3. Sebelah Utara : Berbatasan dengan Kelurahan Bereng Bengkel
  4. Sebelah Barat : Berbatasan dengan Kelurahan Kereng Bangkirai


Topografi wilayah Kelurahan Kalampangan umumnya datar sampai dengan kemiringan 0% - 3%. Sedangkan ketinggian tempat berkisaran antara 14 meter sampai 18 meter di atas permukaan laut (Balai Penyuluhan Pertanian Kalampangan, 2020).

Berikut keadaan umum lokasi keluruhan kalampangan adalah.

Baca juga: Keadaan Umum Desa Buntoi | Lokasi, Lingkungan Fisik, Ekonomi, dan Potensi


A. Keadaan Iklim

keadaan iklim Kelurahan Kalampangan
Sumber: https://palangkaraya.go.id/

Kelurahan Kalampangan termasuk daerah yang beriklim tropis yang banyak dipengaruhi oleh musim hujan dan musim kemarau. Suhu udara rata-rata 24º - 34º, dengan curah hujan rata-rata 2000-3000 mm per tahun. Musim hujan terjdi hampir sepanjang tahun dan terjadi pada bulan November – Februari, sedangkan musim kemarau terjadi pada bulan Juni - Sepetember. 

Keadaan iklim ini cocok untuk ternak sapi karena mudah mendapatkan sumber air bersih saat musim hujan dan pada saat kemarau sumber air masih bisa didapat sebagai keperluan dala proses pemeliharaan ternak sapi (Balai Penyuluhan Pertanian Kalampangan, 2020).


B. Keadaan Penduduk

keadaan penduduk Kelurahan Kalampangan
Sumber: https://mmc.kalteng.go.id/

Penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati suatu wilayah geografis dan ruang tertentu. Penduduk atau warga suatu daerah bisa didefinisakan sebagai orang yang tinggal di daerah tersebut atau orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah itu dengan kata lain orang yang memiliki surat resmi untuk tinggal di daerah tersebut (BPS Kota Palangka Raya, 2020).

Kelurahan Kalampangan jumlah penduduk jenis kelamin laki-laki berjumlah 2.110 jiwa, penduduk perempuan berjumlah 2.043 dimana jumlah penduduk jenis kelamin laki-laki yang memiliki jumlah yang lebih besar dibandingkan jumlah penduduk perempuan, dengan begitu jumlah keseluruhan penduduk di kelurahan Kalampangan yaiutu sebanyak 4.153 jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 1.266 KK (Balai Penyuluhan Pertanian Kalampangan, 2020).


C. Keadaan Penduduk Menurut Pendidikan

Pendidikan Kelurahan Kalampangan
Sumber: https://infopublik.id/

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling penting bagi masyarakat, dimana dari tingkat pendidikan seseorang dapat mempengaruhi kualiatas sumberdaya manusia. Di kelurahan Kalampangan merupakan salah satu desa atau kelurahan yang sebagian besar penduduknya peduli akan pentingnya pendidikan. Tingkat pendidikan yang terdapat di Kelurahan Kalampangan cukup beragam.

tingkat pendidikan yang ada di Kelurahan Kalampangan yang merupakan lulusan SD yaitu sebesar 514 jiwa atau 36,29 %. Penduduk yang lulusan SLTP yaitu sebesar 241 jiwa atau 17,01%, kemudian lulusan SLTA yaitu sebanyak 215 jiwa atau 15,19% dan untuk lulusan akademi dan perguruan tinggi yaitu sebanyak 66 jiwa atau4,66% (Balai Penyuluhan Pertanian Kalampangan, 2020).

Penduduk yang belum atau tidak sekolah yaitu sebanyak 380 jiwa atau 26,85%. dari Tabel di atas dapat dilihat bahwa tingkat pendidikan yang belum/tidak sekolah berada pada peringkat ke dua setelah pendidikan SD. Tingkat pendidikan yang berada di Kelurahan Kalampangan harus terus diperhatikan dan dikembangkan agar dapat menciptakan atau menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas (Balai Penyuluhan Pertanian Kalampangan, 2020).


D. Sarana dan Prasarana

sarana dan prasarana Kelurahan Kalampangan
Sumber: https://mediacenter.palangkaraya.go.id/

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kemajuan dan kualitas sumberdaya disuatu daerah. Kesediaan sarana dan prasarana pendidikan sangat membantu untuk masyarakat yang ingin memiliki pengetahuan yang luas serta pendidikan yang tinggi. Kelurahan Kalampangan termasuk desa/wilayah yang tingkat keinginan pendidikannya cukup tinggi.

prasarana pendidikan yang terdapat pada Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya pada Tahun 2020 yaitu jumlah unit sekolah Taman Kanak-kanak terdapat 2 unit, dan untuk Seolah Dasar terdapat 2 unit, selanjutnya untuk Sekolah Menengah Pertama  terdapat 1 unit dan untul Sekolah Menengah Atas terdapat 2 unit sekolah. Dari Tabel diatas dapat dilihat bahwa prasarana/unit sekolah yang ada di Kelurahan Kalampangan sudah memadai, dikarena kan seluruh jenjang sekolah dari Taman Kanan-kanak hingga sampai jenjang SMA sudah tersedia di Kelurahan tersebut. Mayoritas masyarakat Kelurahan Kalampangan tersebut menyekolahkan anak-anaknya di Kelurahan Kalampanagan saja.

Kelompok ternak Harapan Jaya ini berada di Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau berjarak kurang lebih 17 km dari ibukota Provinsi Kalimantan Tengah atau Palangka Raya yang dapat di tempuh dengan jalan darat beraspal selama 15-20 menit. Dimana kandang sapi milik Harapan jaya ini berada di Gang Brawijaya yang berjarak 30 meter ke dalam dari jalan besar. Adapun penjualan sapi yang dilakukan oleh pertenak ini yaitu penjualan sapi afkir (sapi yang tidak bagus atau tidak bisa berproduksi lagi) yang dijual ke Rumah Potong Hewan yang berada di Jl. Sudirman dengan jarak masuk kedalam sekitar 800 meter dari jalan besar RT. 02 RW. 05 yang merupakan satu-satuya pusat Pemotongan hewan yang berada di Kota Palangka Raya.


E. Pertanian dan Peternakan di Kelurahan Kalampangan

Pertanian dan Peternakan di Kelurahan Kalampangan
Sumber: http://kalteng.litbang.pertanian.go.id/

Keadaan pertanian di Kelurahan Kalampangan merupakan sebagian besar penduduk sekitarnya bekerja dibidang pertanian yaitu sebagai petani sayuran, holtikultura dan peternakan hal ini karena sebagaian besar penduduk setempat merupakan penduduk pendatang dari Jawa. 

Kelurahan Kalampangan Mereupakan sentral produksi pertanian yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah khususnya disektor peternakan sapi potong. Dengan membaiknya pertanian di Kelurahan Kalampangan memberikan dampak positif terhadap masyarakat petani itu sendiri maupun pemerintah setempat dikarenakan dengan membaiknya pertanian masyarakat mereka mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari secara mandiri. Hal ini juga dapat berdampak kepada desa lain agar dapat menjadi contoh dan agar desa lain juga dapat menjadi desa yang mandiri. 

Peternakan yang ada di Kelurahan Kalampangan, ternak yang dipelihara meliputi tenak ayam ras, ayam kampung, kambing dan ternak sapi. Koperasi Unit Desa (KUD) yang ada di Kelurahan Kalampangan hanya ada 1 unit saja, dan memiliki Balai Penyuluhan Pertanian sebanyak 1 unit, dan 1 unit penggiling padi serta 1 unit Rumah Potong Hewan (RPH) yang diharapkan dpat digunakan oleh masyrakat khususnya kepada peternak sapi. 

Koperasi yang ada di Kelurahan Kalampangan berfungsi untuk menyediakan berbagai sarana produksi yang dibutuhkan oleh petani serta untuk memberikan pelayanan lain yang menyangkut upaya pengembangan pertanian di Kelurahan Kalampangan. Diharapkan dengan adanya koperasi di Kelurahan Kalampangan ini dapat membantu masyarakat khususnya untuk mendapatkan permodalan untuk mengembangkan usaha ternak sapi potong (Balai Penyuluhan Pertanian Kalampangan, 2020). 

Baca juga: Metode Penelitian Uji Fitokimia Ekstrak (Ekstraksi dan Fraksinasi)


Sumber:

Badan Pusat Statistik Kota Palangka Raya. 2020. Kota Palangka Raya Dalam Angka. Palangka Raya.

Balai Penyuluhan Pertanian Kalampangan. 2020. Profil Penyuluhan Kalampangan. Palangka Raya.


Salam Lestari,
Lamboris Pane

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel