Gambaran Umum Pohon Mahoni (Swietenia macrophylla King.)

Taksonomi 

Salah satu tanaman yang mempunyai prospek sangat baik karena multiguna adalah jenis mahoni. Jenis ini kayunya dapat digunakan sebagai bahan baku industri kehutanan seperti industri vinir, kayu lapis, mebel air, dan produk kayu lainnya seperti kerajinan tangan. Kayu mahoni banyak disukai oleh pengguna karena memiliki warna dan serat yang indah, kuat, dan muda dikerjakan. Selain manfaat kayunya, buah mahoni dapat digunakan sebagai obat pestisida sedangkan kulitnya sebagai pewarna alami (Mindawati, 2013).


Klasifikasi tanaman mahoni, sebagai berikut:

  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Tracheobionta
  • Super divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub kelas : Rosidae
  • Ordo : Sapindales
  • Famili : Meliacea
  • Genus : Swietenia
  • Spesies : Swietenia macrophylla


Ciri-ciri Botanis

Mahoni merupakan pohon yang memiliki tinggi dengan rata-rata 25 m, memiliki akar tunggang serta batang yang bulat, tanaman mahoni memiliki cabang yang banyak dan kayunya bergetah. Ibu tangkai bunga silindris, berwarna coklat muda. Kelopak bunganya lepas satu sama lain dengan bentuk menyerupai sendok, berwarna hijau. Daun mahoni berupa daun majemuk, menyirip genap, helai daun berbentuk bular telur, ujung dan pangkal daun runcing, tepi daun rata, tulang menyirip dengan panjang daun 3-15 cm dan yang masih muda berwarna merah dan setelah tua berubah menjadi hijau tua bunga majemuk, tersusun dalam karangan yang keluar dari ketiak daun.


Mahkota bunga silindris berwarna kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota. Kepala sari berwarna putih atau kuning kecoklatan. Umur 7 atau 8 tahun tanaman mahoni akan memilki bunga. Ciri-ciri dari buah mahoni yaitu buah mahoni yaitu buah kotak dengan berbentuk bulay telur belekuk lima. Di dalam buah terdapat biji berbentuk pipih dengan ujung agak tebal dan warnya coklat kehitaman dan bersayap. Apabila buah mahoni sudah masak maka kulit buahnya akan pecah dengan sendirinya dan biji-biji pipih itu akan berterbangan (Hasan, 2017).


Tempat Tumbuh dan Penyebaran

Secara alami mahoni tumbuh di Meksiko (Yucutan) bagian tengah dan utara, Amerika Selatan (wilayah Amazona), Amerika Tengah. Penanaman secara luas di Asia Selatan dan Pasifik dan Afrika Barat. Di Indonesia mahoni memiliki daerah penyebaran di seluruh wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi (Hasan, 2017).


Daftar Pustaka

Mindawati, N. dan Megawati. 2013. Manual Budidaya Mahoni (Swietenia macrophylla King). Pusat Penelitian dan Pengembangan Peningkatan Produktifitas Hutan dan Direktorat Bina Pembenihan Tanaman Hutan. Jakarta.

Hasan, M. H. 2017. Budidaya Mahoni (Swietenia macrophylla King). Balai Pengelolahan Hutan Wilayah Lebak dan Tangerang dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten. Serang.


Salam Lestari,

Lamboris_Pane

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel